GTA V versi Jepang penuh dengan sensor

Share

gta5jepangsensor-logoSeperti yang kita tahu, Grand Theft Auto 5 adalah game yang penuh dengan kekerasan dan segala hal yang berbau dewasa, namun di Jepang, beberapa adegan kekerasan dan vulgar pada game Grand Theft Auto 5 dipotong dan disensor.

 

Salah satu contoh yang paling esktrim dari pemotongan adegan kekerasan dan vulgar itu adalah pada saat Trevor melepaskan celananya di misi 'Scouting the Port'. Di GTA 5 versi Jepang, memang ada adegan tersebut namun pada adegan tersebut Trevor terlihat tetap memakai pakaian lengkap. Jadi pada akhirnya menjadi terlihat Trevor sedang memamerkan celana jeans yang dipakainya, sangat menggelitik.

gta5jepangsensor-insert1

Ada lagi dimana adegan Trevor yang pasti akan diingat oleh para pemain GTA 5 dimana Trevor sedang melakukan adegan "maaf" intim dengan pacarnya di meja dapur, pada versi GTA 5 Jepang yang terlihat adalah adegan Trevor sedang berada di belakang pacarnya sambil menonton TV.

Lalu adegan yang terkenal yaitu adegan penyiksaan, pada GTA 5 versi Amerika terdapat adegan dimana Trevor menyiksa sandera yang sedang diikat di kursi, namun pada GTA 5 versi Jepang adegan ini langsung dipotong jadi tidak ada adegan Trevor memukuli sandera itu. 

gta5jepangsensor-insert2

Selain itu, adegan paparazi dimana kita memainkan karakter Franklin sedang mengambil foto seorang selebriti muda sedang melakukan hubungan "maaf" intim, tetapi di versi Jepang terlihat Franklin mengambil foto dari selebriti muda tersebut sedang berbincang dengan seorang pria sambil merokok. Kotaku sudah mencoba meminta konfirmasi alasan mengapa versi Jepang melakukan banyak sekali sensor dari adegan-adegan yang ada di GTA 5, namun belum ada jawaban dari Rockstar.

Ini bukan merupakan hal yang baru untuk Grand Theft Auto agar dapat diterima di luar negeri, seperti yang kita ingat pada saat Grand Theft Auto IV, Rockstar melakukan beberapa sensor dan pemotongan adegan agar GTA IV dapat dijual di Australia.

evergreen

Other Article